Apa itu Root ? Fungsi, Keuntungan dan Kerugiannya

                  
             Apa itu root dan apa fungsi root  pada hp android,kali ini Mr. X bakalan ngasih penjelasan lebih detail tentang apa itu root, fungsi, sampe keuntungan dan kerugian root pada hp android.Bagi Anda yang masih belum begitu mengerti tentang apa sebernarnya root dan bagaimana fungsinya bagi hp android.langsung aja deh...

Apa itu Root ?

Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux. Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna hape) punya akses ke account root tersebut,jadi kitalah yang punya kekuasaan.


Fungsi Root Android


Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.
Apa gunanya handphone Android di Root ?

Gunanya handphone Android di Root adalah :

1. Akses yang tak terbatas terhadap system Android
2. Instalasi aplikasi di memory card dan install aplikasi yang butuh root pastinya
3. Un-install aplikasi-aplikasi bawaan vendor
4. Backup App+System
5. Instalasi ROM custom
6. Akses terhadap file-file sistem Android secara penuh
7. Overclock processor yang secara keseluruhan meningkatkan performa
(tapi membuat konsumsi baterai jadi lebih boros).
8. dan yang terakhir booming saat ini untuk para pengguna android dibawah 4.0 dapat memakai bbm dengan mengganti costum rom dengan rooted terlebih dahulu androidnya

Keuntungan Dan Kerugian Rooting Android

Rooting Android memang dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki kemampuan tweaking terhadap sistem operasi Android. Namun hasil akhir aktifitas rooting yang dilakukan tergantung pada kemampuan pengguna untuk mengkustomisasi sistem dimana hasilnya dapat berupa peningkatan kinerja atau bahkan malfungsi. Dan berikut adalah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi dari aktifitas rooting.

Keuntungan Rooting Android

  1. Akses tak terbatas pada sistem operasi Android yang mana user dengan hak akses 'root' dapat dengan leluasa melakukan pengubahan apapun layaknya developer.
  2. Dapat menghapus aplikasi bawaan vendor yang tidak diinginkan oleh pengguna maupun menambah aplikasi yang tidak disertakan oleh developer Android.
  3. Pengendalian aplikasi lengkap, termasuk melakukan backup aplikasi dan sistem, pemulihan sistem, sehingga ketika ingin melakukan instal ulang atau factory reset, pengguna tidak perlu mencari dan mengunduh lagi.
  4. Dapat mengubah tampilan melalui instalasi custom ROM atau bahkan memutakhirkan ke versi yang lebih tinggi sehingga pengguna yang memiliki kemampuan di bidang developing dapat membuat versi Android secara personal.
  5. Kemampuan mengkustomisasi tema secara penuh, yang berarti bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan tema dapat diubah seperti warna indikator baterai, tampilan dialer atau daftar kontak, serta video yang diputar saat boot up perangkat Android.
  6. Kontrol penuh dari CPU dan kernel sehingga pengguna dapat melakukan Overclock prosesor perangkat Android sehingga kinerja ponsel menjadi lebih maksimal.

Kerugian Rooting Android

  1. Menghilangkan / membatalkan garansi produk perangkat Android.
  2. Penyalahgunaan hak akses root dapat menyebabkan malfungsi pada perangkat Android.
  3. Tweaking yang berlebihan dapat menurunkan kinerja sistem Android.
Rooting pada sistem operasi Android memang diijinkan mengingat lisesnsi dari sistem operasi si robot hijau tersebut merupakan open source. Namun ada baiknya pikir-pikir terlebih dahulu sebelum melakukan proses rooting terutama perihal garansi yang dapat hilang / batal dikarenakan aktifitas rooting ini.
Keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi sesudah proses rooting merupakan tanggungan setiap pengguna dimana pihak vendor sama sekali tidak memiliki kewajiban apapun terkait aktifitas rooting. Maka dari itu pertimbangkan terlebih dahulu keuntungan dan kerugian rooting Android dengan bijak


Itu aja deh yang bisa Mr. X jelasin, Sekian... Salam Mr. X

Comments

Popular posts from this blog

Indonesian Darknet Forum Link

Download Ebook Tutorial Hacking with Kali Linux

Cara lacak Nomor HP Pakai HLR LOOKUP di Robot IJO!!!